Seandainya saya menjadi Menteri Koperasi

Seandainya saya menjadi menteri koperasi pastinya saya akan berusaha memajukan koperasi sehingga menjadi badan Usaha yang di jadikan panutan ekonomi nasional di Indonesia. Karena menurut saya koperasi di indonesia sekarang kurang berkembang. Tapi keinginan saya ini tidak mudah di wujudkan apabila saya tidak berusaha,oleh karena itu saya ingin menjadi menteri yang bertanggung jawab dan tidak hanya berjanji palsu dan tidak ada buktinya,karena bila hanya sekedar berjanji siapapun bisa . Saya harus mempunyai keyakinan bahwa saya sanggup menjalani peran ini dengan tujuan mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan koperasi.

Sebelumnya saya ingin masyarakat luas mengetahui apa itu koperasi,manfaat koperasi dan tjuan koperasi untuk ekonomi indonesia? Karena kenyataannya banyak masyarakat yang tidak mengerti itu semua.kalangan pelajar atau mahasiswa memang mengetahui tentang koperasi tapi itu pun bersumber dari buku yang mereka baca karena tuntutan mata kuliah,sedikit seklai masyrakat yang ingin mempunyai kesadaran sendiri untuk mencari informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan koperasi. Sebenarnya dalam hal ini peran media sangat diperlukan agar informasi mengenai koperasi dapat tersalurkan baik melalui media elektronik maupun cetak.Sebenarnya saya sedikit miris melihat perkembangan media di Negara kita ini,karena lebih mengutamakan berisi informasi hal-hal dunia hiburan yang kurang bermanfaat bagi kepentingan ekonomi kita.

Selain melalui media bila saya menjadi menteri koperasi saya ingin banyak melakukan sosialisasi mengenai pentingnya koperasi kepada masyarakat luas. Itu ingin saya lakukan melalui seminar-seminar baik untuk umum atau untuk para mahasiswa yang menjadi harapan bangsa untuk memajukan perekonomian di Indonesia. Karena melalui cara ini banyak memberi dampak yang positif . saya ingin menumbuhkan dalam diri masyarkat agar dapat mengembangkan diri secara mandiri sehingga tidak bergantung pada orang lain,setelah rasa ini menjadi prinsip di dalam diri masyarkat kemungkinan besar keinginan masyarakat untuk mendirikan badan usaha koperasi pun muncul. Karena masyarakat akan menyadari pentingnya itu semua ,tujuan utama koperasi adalah memajukan kehidupan para anggotanya juga akan membuat masyarkat tertarik untuk menjadi anggota koperasi.

Saya menyadari bahwa perkembangan koperasi di indonesia telah berkembang walupun sering menghadapi hambatan-hambatan yang mempersulit koperasi mencapai tujuannya. Tapi menurut perkembangan ini belum saya rasakan optimal,oleh sebab itu bila saya menjadi menteri koperasi masih banyak hal lain yang ingin saya perbaiki agar lebih maju baik dari hal cara memanjerial koperasi sampai program-program bermanfaat koperasi yang akan saya buat untuk mensejahterakan masyarakat dan mencapai perekonomian yang di harapkan . saya ingin membuktikan kepada pihak-pihak yang selama ini menganggap koperasi sebagai badan usaha kebawah yang tidak bisa bersaing, bahwa koperasi juga bisa menjadi badan usaha yang sangat tepat untuk membantu masyarakat yang mencoba mengembangkan diri secara mandiri.

Yang saya tahu tugas menteri koperasi adalah membantu presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan di bidang koperasi dan usaha kecil menengah. Lebih jelasnya :

Merumuskan kebijakan pemerintah dibidang pembinaan koperasi dan usaha kecil menengah
Mengkoordinasikan dan meningkatkan keterpaduan penyusunan rencana dan program,pemantauan,analisi dan evaluasi di bidang koperasi dan usaha kecil menengah.
Meningkatkan peran serta masyarakat di bidang koperasi dan usaha kecil menengah
Mengkoordinasikan kegiatan operasional lembaga pengembangan sumberdya ekonomi rakyat.
Menyampaikan laporan hasil evaluasi ,sran dan pertimbngan di bidang tugas dan fungsinya kepada presiden.

Menurut saya dari rincian itu sudah sangat jelas tugas saya bila menjadi menteri koperasi,Oleh karena itu agar saya bisa menjalankan tugas itu dengan tepat saya juga butuh dukungan dan partisipasi masyarakat secara umum untuk mewujudkannya. Koperasi di Indonesia sekarang ini sedang gencar-gencarnya menggalakkan usaha kecil menengah untuk masyarakat,saya sangat setuju dengan program ini tetapi masalah yang timbul di lapangan sangat complicated,mulai dari dana yang dicairkan sampai program-program usaha kecil itu sendiri.

Saya ingin membuat program usaha kecil menengah menjadi lebih baik dari yang sekarang,langkah-langkah yang akan saya lakukan :

Melakukan sosialisasi tentang usaha kecil menengah
Mengumpulkan sumber daya manusia yang kreatif
Menyiapkan dana
Memilih jenis usaha yang dapat memberi keuntungan bagi anggota usaha kecil menengah dan Yang dapat bertahan lama

Saya tahu di Indonesia sudah banyak mewujudkan usaha kecil menengah dan tidak sedikit pula yang gulung tikar dalam waktunya yg sebentar,anda tahu ini kenapa terjadi?? Kalau menurut saya ini terjadi karna tidak ada perencanaan yang bagus untuk melaksankan program ini,mereka hanya sekedar mewujudkan program tersebut tapi tidak mengelola dengan baik dan tepat. Bila saya jadi menteri Koperasi saya ingin hal seperti hal ini tidak akan terulang lagi sehingga saya ingin merencanakannya dengan baik dan tertata baik. Hal paling sepele yang tidak diperhatikan adalah jenis usaha kecil menegah yang mereka pilih,banyak yang memilih usaha kecil yang tidak mempunya profit yang bagus dan umur yang sedikit. Tujuan saya mengadakan sosialisasi adalah supaya mreka mengetahui usaha kecil menengah seperti apa yang tepat,karena usaha kecil menengah tidak selamnya menjadi menegah,bila di kelola dengan baik bukan tidak mungkin akan menjadi usaha besar dengan asset yang banyak dan profit yang memuaskan . Bagi anggota koperasi yang akan membuat usaha kecil menengah ataupun masyarakat tidak perlu khawatir mengenai dana yang diperlukan,karena koperasi akan memberikan pinjaman uang dengan keringanan angsuran di bandingkan bank ataupun lembaga lainnya,agar masyarakat tidak terbebani.Kenapa saya lebih menekankan pada usaha kecil menengah? Karena biasanya masyarkat itu akan tergoda membuat usaha bila keuntungannya bagus.

Oleh karena itu saya ingin koperasi lebih memperbaiki programnya di bidang usaha kecil menengah ini. Selain usaha kecil menengah saya ingin memberikan jasa peminjaman uang kepada masyarakat,peminjaman uang bukan hanya untuk membuat usaha kecil menengah tapi untuk kebutan mendesak anggota koperasi. Bila Usaha kecil menengah yang dibuat koperasi berhasil maka ini juga akan mempengaruhi kas koperasi,sehingga koperasi bukan badan usaha yang hanya menunggu bantuan modal dari pemerintah tapi badan usaha yang bisa mencari modal sendiri.

Wewenang menteri koperasi yang saya ketahui adalah

1. Menetapkan kebijakan di bidang KUKM untuk mendukung pembangunan secara makro

2. Menetapkan pedoman untuk menentukan standar pelayanan minimum yang wajib dilaksanakan oleh kabupaten/kota di bidang KUKM

3. Menyusun rencana nasional secara makro di bidang KUKM

4. Membina dan mengawasi penyelenggaraan otonomi daerah yang meliputi pemberian pedoman,pelatihan,arahan dan supervisi di bidang KUKM

5. Mengatur penerapan perjanjian atau persetujuan internasional yang disahkan atas nama negara di bidang KUKM

6. Menerapkan standar pemberian izin oleh daerah di bidang KUKM

7. Menerapkan kebijakan sistem informasi nasional di bidang KUKM

8. Menerapkam persyarakat kualifikasi usaha jasa di bidang KUKM

9. Menerapkan pedoman akuntansi koperasi dan pengusaha kecil menengah

10. Menetapkan pedoman tata cara penyertaan modar pada koperasi

11. Memberikan dukungan dan kemudahan dalam pengembangan sistem distribusi bagi KUKM

12. Memberikan dukungan dan kemudahan dalam kerjasama antar KUKM serta kerjasama dengan badan lainnya.

Dengan adanya kewenangan ini memberi kemudahan bagi saya bila ingin mewujudkan program-program yang saya buat. Inti dari yang saya harapkan bila saya jadi menteri koperasi adalah menjadikan koperasi sebagai badan usaha yang dapat di jadikan panutan ekonomi di Indonesia serta dapat mengembangan masyarakat melalui bidang wirausaha.

Reff: http://www.depkop.go.id/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

